Kapolda NTT Dorong Sinergi TNI-Polri dan Netralitas dalam Tatap Muka di Ngada

Kapolda NTT Dorong Sinergi TNI-Polri dan Netralitas dalam Tatap Muka di Ngada

Tribratanewsntt.com — Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., melaksanakan tatap muka dengan personel Polres Ngada dan anggota Kodim 1625 di aula lantai 2 Polres Ngada pada Rabu, 21 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan memperkuat kolaborasi dan sinergi antara TNI-Polri di Kabupaten Ngada.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kolaborasi dan kinerja personel TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Ngada. "Tugas kita adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, karena Polri ada karena adanya masyarakat yang harus dilayani," ujar Kapolda. Ia juga menekankan pentingnya kesiapan dalam melaksanakan tugas, baik secara mental, fisik, maupun kesiapan sarana dan prasarana sesuai dengan Commander Wish.

Kapolda juga mengingatkan seluruh personel untuk selalu bekerja sama dengan semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, guna menjaga keamanan dan ketertiban. "Personel Polri dan ASN harus menjadi contoh dan teladan yang baik, baik di lingkungan keluarga, kantor, maupun masyarakat," tambahnya.

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Kapolda menegaskan kembali netralitas TNI-Polri. Ia memperingatkan akan menindak tegas setiap personel Polri yang tidak menjaga netralitas atau terlibat dalam politik praktis. "TNI-Polri adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam tugas menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, keduanya harus berjalan seiring," ungkap Kapolda, seraya menekankan pentingnya sinergitas untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan damai.

Sebagai tanda apresiasi, Kapolda NTT menyerahkan tali asih kepada personel TNI-Polri yang hadir. Acara tatap muka ini ditutup dengan pemberian bingkisan secara simbolis kepada tiga perwakilan dari anggota Polres Ngada dan anggota Kodim 1625 Ngada.

Kapolda NTT berharap bahwa dengan adanya tatap muka ini, semangat kebersamaan dan sinergitas antara TNI-Polri dapat semakin ditingkatkan, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, termasuk pengamanan Pilkada serentak 2024.