Polda NTT Gelar Rakernis Samapta 2024: Siap Dukung Pilkada dan Transformasi Ekonomi

Polda NTT Gelar Rakernis Samapta 2024: Siap Dukung Pilkada dan Transformasi Ekonomi

ntt.tribratanews.com - Direktorat Samapta Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Samapta Polri tahun 2024 di Hotel Sylva, Kota Kupang, pada Kamis (29/8/2024).

Rakernis ini dibuka oleh Direktur Samapta Polda NTT, Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H., dan diikuti oleh para Kasatsamapta Polres jajaran serta anggota Ditsamapta Polda NTT.

Rakernis kali ini mengusung tema "Samapta Polri Presisi yang Adaptif, Siap Mendukung Pilkada dan Percepatan Transformasi Ekonomi di Wilayah NTT". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai agenda penting, termasuk Pilkada Serentak 2024 dan percepatan transformasi ekonomi di wilayah NTT.

Dalam sambutannya, Kombes Pol. Sudarmin menyampaikan rasa syukur atas kesehatan dan kesempatan yang diberikan sehingga para peserta dapat hadir dalam kegiatan Rakernis ini.

"Kita masih berada di tahun politik dan akan menghadapi berbagai agenda besar yang harus berjalan dengan sukses. Dalam menghadapi rangkaian Pilkada Serentak di Provinsi NTT, peran Polri, termasuk fungsi Samapta, sangat penting untuk hadir memberikan pelayanan dan memastikan bahwa semua kegiatan ini dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Dirsamapta juga menekankan pentingnya kehadiran polisi berseragam di tempat-tempat umum sebagai bentuk representasi negara dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Polisi harus mudah ditemukan di tempat umum untuk mereduksi kesempatan orang melakukan kejahatan dan memberikan edukasi tentang pencegahan kejahatan kepada masyarakat," tambahnya.

Kombes Pol. Sudarmin juga mengingatkan bahwa Polri harus bersikap netral dalam Pemilu 2024, tidak berpihak kepada siapapun, dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis.

"Komitmen Polri dalam Pemilu 2024 adalah bersikap netral, tidak memilih atau dipilih, dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis," tegasnya.

Kegiatan Rakernis ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara fungsi Samapta dengan seluruh stakeholder, sehingga dapat meningkatkan citra Polri sebagai pelindung, pengayom, dan penolong masyarakat.

"Dengan adanya Rakernis ini, diharapkan dapat menjadikan Samapta Polri yang presisi, proaktif, dan adaptif serta siap mendukung Pilkada daerah dan percepatan transformasi ekonomi di wilayah NTT," ujar Kombes Pol. Sudarmin.

Di akhir sambutannya, Dirsamapta menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana, narasumber, dan peserta yang telah hadir dan siap mengikuti kegiatan Rakernis ini.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara," tutupnya.

Rakernis ini menjadi momentum penting bagi Direktorat Samapta Polda NTT dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya menjelang Pilkada Serentak 2024 dan upaya percepatan transformasi ekonomi di wilayah NTT.