Personel Polresta Ikuti Misa Pelantikan Pengurus OCI Kupang, Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI dan POLRI

Personel Polresta Ikuti Misa Pelantikan Pengurus OCI Kupang, Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI dan POLRI

Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) atau yang dikenal dengan Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI dan POLRI wilayah Keuskupan Agung Kupang, resmi dilantik kepengurusannya untuk periode Tahun 2024 hingga 2025, oleh Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo, pada Selasa (25/6/2024) sore.

 

Pelantikan sebanyak 60 Pengurus Dewan Pastoral TNI dan POLRI wilayah Keuskupan Agung Kupang, dengan pastor pendamping RD. Andre Jericho Alo'a, berlangsung di Gereja Santu Yoseph Naikoten, Kota Kupang, dan diawali dengan misa bersama yang dipimpin Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo bersama Uskup Agung Kupang Mgr. Hironimus Pakaenoni.

Dalam khotbahnya Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo selaku Uskup Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI dan Polri menginformasikan, bahwa saat ini telah ada sebanyak 37 keuskupan teritorial di Indonesia, ditambah 1 keuskupan yang baru dibentuk di Labuan Bajo, pulau Flores.

 

Ditambahkannya, terdapat juga 1 keuskupan kategorial atau militer, yaitu keuskupan di lingkungan TNI dan POLRI, dan sudah ada sejak 25 Desember 1949.

 

"Di Benua Asia hanya ada 3 keuskupan ordinariat militer, yakni di negara Indonesia, Filipina, dan Korea Selatan. Dan pada 25 Desember 1949, dibentuk Keuskupan Militer di Indonesia atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI)," terang pemilik nama lengkap Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo ini.

Keuskupan khusus ini, lanjutnya, dibentuk untuk mendukung prakarsa Menteri Pertahanan Republik Indonesia saat itu Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang membentuk staf khusus untuk mengurusi kebutuhan rohani anggota Angkatan Perang Republik Indonesia.

 

"Saudari-saudara kita ini adalah pribadi-pribadi yang menanggapi panggilan menuju kesempurnaan kasih, menuju kesempurnaan kesucian, melalui atau dengan memilih profesinya di lingkungan militer dan kepolisian," ucap Kardinal Suharyo.

Uskup Agung Jakarta ini menambahkan lagi, pembentukan Keuskupan Militer Indonesia, menjadi tanda bahwa pimpinan gereja katolik dan seluruh umat katolik sungguh-sungguh mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

 

"Ini tindakan simbolik, dalam gereja katolik mendukung kemerdekaan, karena ini adalah nilai yang sangat penting dan berkembang hingga sekarang," kata Mgr. Ignatius Suharyo yang ditunjuk Sri Paus Benediktus XVI sebagai Uskup Umat Katolik di lingkungan TNI dan POLRI sejak Tahun 2006 hingga sekarang.

 

Manusia mempunyai tubuh, jiwa dan roh. Hendaklah kita meneladani Allah bapa yang sempurna. Kita juga sempurna dalam kasih dan kesunyian.

"Mari kita syukuri profesi kita, dengan menjadi berkat bagi orang lain," pesan Kardinal Suharyo dihadapan seluruh personel TNI dan POLRI di wilayah Keuskupan Agung Kupang.

 

Dengan dilantik sebagai pengurus Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI dan POLRI Keuskupan Agung Kupang dapat menjalankan tugas pelayanan dengan saling bersinergi satu sama lainnya, untuk mewujudkan semangat pelayanan yang murah hati, agar ke depan dapat membawa kemajuan bagi Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI dan POLRI.Untuk diketahui, Ordinariat Militer Indonesia, yang juga disebut Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI), Keuskupan Umat Katolik di lingkungan TNI dan POLRI, adalah suatu ordinariat militer dari Gereja Katolik Roma. Yurisdiksi tersebut menyediakan pelayanan pastoral kepada umat katolik yang bergabung dalam kesatuan TNI dan POLRI, beserta keluarga. Ordinariat ini tidak termasuk dalam provinsi gerejawi apa pun dan tunduk langsung pada Takhta Suci Vatikan. (AN)