Kunker Perdana di Polres Manggarai, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah Disambut Hangat dengan Upacara Adat

Kunker Perdana di Polres Manggarai, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah Disambut Hangat dengan Upacara Adat

ntt.tribratanews.com, Ruteng – Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., beserta Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Ny. Kathy Daniel Tahi Monang Silitonga, disambut dengan hangat dan meriah dalam kunjungan perdana mereka ke Polres Manggarai, Selasa (20/8/2024). Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Kapolda NTT di wilayah Manggarai.

Sesampainya di Polres Manggarai, Kapolda dan rombongan disambut dengan upacara adat Manggarai, sebuah tradisi unik yang merefleksikan kekayaan budaya lokal. Kapolda diterima secara adat melalui prosesi "Manuk Kapu dan Tuak Curu" yang dipimpin oleh Tua Adat Gendang Pitak, Bapak Belasius Mempong, S.H. Prosesi ini diiringi dengan tarian tradisional Manggarai "Tiba Meka," yang dipersembahkan oleh Sanggar Wela Songke Setia Bhakti, menambah nuansa sakral dan khidmat dalam penyambutan tersebut.

Kapolda NTT, yang didampingi oleh Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, S.I.K., M.H., menerima sambutan adat dengan penuh hormat, sebelum memasuki Mako Polres Manggarai. Kapolda juga mendapatkan penghormatan dari jajaran kehormatan Satuan Samapta Polres Manggarai.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT menyampaikan apresiasi mendalam atas sambutan hangat dan meriah yang diberikan oleh masyarakat Manggarai. Ia merasa bangga dan terhormat dapat mengunjungi wilayah yang kaya akan budaya ini, serta bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

"Tradisi dan kebudayaan Manggarai ini adalah kekayaan bangsa yang harus kita lestarikan bersama. Saya merasa sangat terhormat dapat diterima dengan cara yang begitu hangat dan penuh makna. Ini adalah wujud dari kebersamaan dan persaudaraan yang kuat di tengah masyarakat kita," ujar Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga.

Setelah prosesi adat dan penghormatan, Kapolda NTT melanjutkan kegiatan dengan pertemuan bersama Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Manggarai, membahas berbagai isu terkait keamanan, ketertiban, serta persiapan menjelang Pilkada Serentak 2024. Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat sinergi antara kepolisian, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam menjaga stabilitas keamanan dan mendorong pembangunan di wilayah Manggarai.

Kunjungan ini juga merupakan momentum penting bagi Polres Manggarai, yang menjadi tuan rumah bagi Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT dalam kunjungan pertama mereka ke wilayah ini. Ny. Kathy Daniel Tahi Monang Silitonga juga berkesempatan berinteraksi dengan Bhayangkari Cabang Manggarai, memperkuat dukungan dan solidaritas dalam organisasi Bhayangkari di tingkat daerah.

Kegiatan yang berlangsung hingga siang hari ini diakhiri dengan sesi foto bersama, sebagai simbol kebersamaan dan kekompakan antara kepolisian, pemerintah, dan masyarakat di Kabupaten Manggarai.