Kapolda NTT didampingi Danbrigif 21/Komodo Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI di Sumba Tengah

Kapolda NTT didampingi Danbrigif 21/Komodo Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI di Sumba Tengah

ntt.tribratanews.com - Bertempat di Bandara Tambolaka Sumba Barat Daya, Senin (22/2/2021),  Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum didampingi Danbrigif 21/Komodo Letkol (Inf) Tunjung Setyabudi S. Sos., memimpin Apel persiapan pengamanan kunjungan Presiden RI Ir H. Joko Widodo ke Kabupaten Sumba Tengah.

Presiden RI direncanakan akan tiba di Kabupaten Sumba pada hari Selasa (23/2/2021), dalam rangka mengunjungi lokasi Food Estate Ngora Lenang di Kebupaten Sumba Tengah.

Hadir dalam apel tersebut Dirbinmas Polda NTT, Dirreskrimum Polda NTT, Dirsabhara Polda NTT, Kapolres Sumba Barat Daya, Dandim 1629 / SBD dan Para perwira Gabungan TNI- Polri.

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTT membacakan sambutan Pangdam IX / Udayana yang menyatakan bahwa Ada dua agenda kegiatan Presiden RI saat berkunjung ne NTT yaitu untuk untuk meresmikan Bendungan Napun Gete Di kabupaten Sikka dan meninjau food Estate di Kabupaten Sumba Tengah.

Selalu bersinergi antar instansi dan unsur terkait untuk memberikan jaminan keamanan yang terbaik dan maksimal.

"Laksanakan Tugas pengamanan dengan serius dan sunggu - sunggu sesuai SOP yang berlaku dan Pedomani disiplin pencegahan covid - 19 dan laksanakan 3M ", ujar Kapolda NTT.

Apel gelar pasukan bertujuan untuk mengecek kesiapan baik secara perorangan maupun satuan dan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing - masing unsur satgas serta memaatikan kerjasama dan sinergitas antar unsur pengamanan yang terlibat

Selalu memahami dan menguasai prosedur tentang pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin dan rantai Komando, melakukan kordinasi yang optimal bersama unsur pengamanan lainnya serta segera melaporkan bila ada kejanggalan dalam pelaksanaan tugas.

Kapolda NTT juga menegaskan bahwa Kegiatan seperti ini sering dilakukan namun jangan underestimate dan mengabaiakan situasi serta kondisi di lapangan, tetap melaksanakan sesuai dengan SOP yang berlaku.

"Persiapan rangkaian kegiatan dan pengamanan dengan sebaik-baiknya dan tetap ikuti petunjuk arahan dari Perwira pengendali di lapangan", tegasnya.

Lanjutnya, Cuaca saat ini merupakan salah satu tantangan kita dalam melaksanakan pengamanan untuk itu siapkan peralatan pendukung seperti jas hujan dan peralatan lainnya.

Ia juga menekankan agar dalam pelaksanaan tugas dengan sebaik-baiknya dengan tetap kedepankan cara humanis dan persuasif namun tindak tegas yang melanggar aturan .

"Selamat bertugas dengan tetap laksanakan protokol kesehatan", pungkasnya.

Usai pelaksanaan apel, Kapolda NTT bersama rombongan melakukan peninjauan situasi di Food Estate Sumba Tengah yang merupakan lokasi yang akan dikunjungi oleh Presiden RI.

Dalam menyambut kedatangan RI 1, Polda NTT akan melibatkan 472 personil pengamanan yang akan di tempatkan di lokasi yang telah telah di tentukan.