Jelang Kunjungan Presiden Jokowi di NTT, TNI-Polri Siagakan Pengamanan VVIP di Kupang

Jelang Kunjungan Presiden Jokowi di NTT, TNI-Polri Siagakan Pengamanan VVIP di Kupang

ntt.tribratanews.com – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, bersama Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo, beserta rombongan dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari Selasa, 1 Oktober 2024 besok.

Kunjungan ini akan dimulai dari Kota Kupang dan akan berlangsung hingga Kamis, 3 Oktober 2024, meliputi beberapa wilayah seperti Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU), Alor, dan Pulau Sumba.

Dalam rangka memastikan kunjungan Presiden RI berlangsung aman dan tertib, personel gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait menggelar Apel Gabungan Gelar Pasukan yang berlangsung pada Senin sore (30/9/2024) di Lapangan Apel Makorem 161/Wira Sakti Kupang, Jalan W.J. Lalamentik, Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Apel pengamanan tersebut dipimpin oleh Kasiops Korem 161/WS, Kolonel Inf Herwin Rizayan Iszal, S.I.P, M.Si., dan diikuti oleh ratusan personel gabungan dari berbagai satuan.

Hadir pula sejumlah pejabat penting dari Polda NTT dan instansi terkait, di antaranya Karo Ops Polda NTT, Dirsamapta Polda NTT, Kapolresta Kupang Kota, Dandim 1604/Kupang, serta pejabat dari Lantamal VII Kupang, Binda NTT, dan Basarnas Kupang.

Pasukan pengamanan yang tergabung dalam Apel Gabungan tersebut terdiri dari berbagai subsatuan tugas (Subsatgas) seperti Subsatgas Bandara, Subsatgas Walakir, Subsatgas Medis, Subsatgas Intel, Subsatgas Inkognito, Subsatgas Hotel, Subsatgas Komlek, Subsatgas Penerangan, dan Subsatgas Harpal.

Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dan memastikan koordinasi yang baik antar seluruh unsur yang terlibat dalam pengamanan kunjungan Presiden dan rombongan.

Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., menjelaskan pentingnya apel gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan materiil dan personel yang tergabung dalam Satgas Pam VVIP.

“Apel ini sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur di lapangan sehingga tidak terjadi hambatan, dan jika ada, bisa segera diatasi. Personel Satgas Pam VVIP juga harus memahami prosedur pengamanan VVIP dengan baik,” ujar Kombes Pol. Ariasandy.

Pengamanan ini bersifat komprehensif, meliputi pengaturan lalu lintas serta menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat selama kunjungan kerja Presiden di wilayah NTT, khususnya di Kota Kupang.

Sinergi antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah, serta instansi lainnya menjadi kunci agar pengamanan dapat berlangsung secara optimal.

Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan tiba di Kupang pada Selasa siang (1/10/2024). Selain melakukan kunjungan kerja di Kota Kupang, Presiden juga akan mengunjungi beberapa wilayah lainnya di NTT, meliputi Kabupaten TTS, TTU, Alor, dan Pulau Sumba, dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.